Sapitri Diana, Putri and Indarwati, Indarwati and Widarti, Rini (2019) PENGARUH PEMBERIAN WOBBLE BOARD EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN STATIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH AL AMIN SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, STIKES 'Aisyiyah Surakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (355kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
Preview |
Text
COVER & PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) | Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang ; Keseimbangan statis pada anak usia 5-6 tahun sangat penting sebab anak yang memiliki keseimbangan bagus akan menjaga posisinya dalam keadaan diam sebagai awalan sebelum terjadinya pergerakan, namun tidak semua anak memiliki keseimbangan statis yang bagus. Salah satu modalitas fisioterapi untuk menangani hal tersebut adalah wobbble board exercise. Tujuan ; Mengetahui adanya pengaruh pemberian wobble board exercise terhadap keseimbangan statis pada anak usia 5-6 tahun. Metode Penelitian ; Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan teknik one group pre-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak yang berusia 5-6 tahun di TK Aiyiyah Al Amin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan cara simple random sampling, dengan responden sebanyak 20 anak dengan diberikan perlakuan selama 4 minggu setiap minggu 3 kali. Instrumen pengukuran kemampuan keseimbangan statis menggunakan stork standing balance test. Hasil ; Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa data dari nilai stork standing balance test sebelum dan sesudah diberikan wobble board exercise diperoleh hasil signifikansi sebesar p=0,001 (p<0,05). Keseimpulan ; Ada pengaruh pemberian wobble board exercise terhadap keseimbangan statis pada anak usia 5-6 tahun di TK Aiyiyah Al Amin Surakarta
Item Type: | Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi D IV Fisioterapi |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 08 May 2019 04:18 |
Last Modified: | 08 May 2019 04:18 |
URI: | http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
View Item |