PENGARUH PEMBERIAN WOBBLE BOARD EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN STATIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH AL AMIN SURAKARTA

Sapitri Diana, Putri and Indarwati, Indarwati and Widarti, Rini (2019) PENGARUH PEMBERIAN WOBBLE BOARD EXERCISE TERHADAP KESEIMBANGAN STATIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH AL AMIN SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, STIKES 'Aisyiyah Surakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[thumbnail of COVER & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
COVER & PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SKRIPSI.pdf] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang ; Keseimbangan statis pada anak usia 5-6 tahun sangat penting sebab anak yang memiliki keseimbangan bagus akan menjaga posisinya dalam keadaan diam sebagai awalan sebelum terjadinya pergerakan, namun tidak semua anak memiliki keseimbangan statis yang bagus. Salah satu modalitas fisioterapi untuk menangani hal tersebut adalah wobbble board exercise. Tujuan ; Mengetahui adanya pengaruh pemberian wobble board exercise terhadap keseimbangan statis pada anak usia 5-6 tahun. Metode Penelitian ; Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan teknik one group pre-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak yang berusia 5-6 tahun di TK Aiyiyah Al Amin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan cara simple random sampling, dengan responden sebanyak 20 anak dengan diberikan perlakuan selama 4 minggu setiap minggu 3 kali. Instrumen pengukuran kemampuan keseimbangan statis menggunakan stork standing balance test. Hasil ; Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon diketahui bahwa data dari nilai stork standing balance test sebelum dan sesudah diberikan wobble board exercise diperoleh hasil signifikansi sebesar p=0,001 (p<0,05). Keseimpulan ; Ada pengaruh pemberian wobble board exercise terhadap keseimbangan statis pada anak usia 5-6 tahun di TK Aiyiyah Al Amin Surakarta

Item Type: Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi D IV Fisioterapi
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 08 May 2019 04:18
Last Modified: 08 May 2019 04:18
URI: http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item