HUBUNGAN DURASI WAKTU BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE PADA SISWA SMK NEGERI 2 SURAKARTA

Anjayani, Safitri and Susilowati, Tri and Dwi Prajayanti, Eska (2019) HUBUNGAN DURASI WAKTU BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PRAKTIK PERSONAL HYGIENE PADA SISWA SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 3. Abstract.pdf] Text
3. Abstract.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of 4.DAFTAR  ISI.pdf] Text
4.DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[thumbnail of 5. BAB I.pdf] Text
5. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of 7. BAB II.pdf] Text
7. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of 8. BAB III.pdf] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of 9. BAB IV.pdf] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of 10. BAB V.pdf] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of 12. LAMPIRAN 1-6.pdf] Text
12. LAMPIRAN 1-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Latar Belakang; Perkembangan teknologi saat ini telah mengalami berbagai kemajuan yang sangat pesat. Salah satu aspek perkembangan teknologi yakni munculnya game online yang di gemari oleh anak sekolah, remaja hingga dewasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pew Research Center dalam Roswendi (2013) tentang game 97 % (umur 12 sampai 17 tahun) dari para remaja bermain games (99 % merupakan remaja pria). Pada kecepatan dan pemakaian berlebihan bermain game online sering terjadi seorang gamers yang lupa diri atau terlalu mengejar level up pada game online itu sendiri, sehingga menyebabkan para gamers yang lupa mandi, lupa makan, lupa pulang kerumah jika bermain game. Tujuan; Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara durasi waktu bermain game online dengan praktik personal hygiene. Metode; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Hasil; Sebagian besar siswa SMK Negeri 2 Surakarta durasi waktu bermain game online < 14 jam/minggu atau termasuk kategori cukup yaitu sebanyak 61 siswa (65,6%). Sebagian besar siswa SMK Negeri 2 Surakarta dalam praktik personal hygiene kurang baik yaitu sebanyak 67 siswa (72%), sedangkan sisanya yaitu sebanyak 26 siswa (28%). Hasil uji Chi Square diperoleh p-value sebesar < 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak sehingga menerima Ha, artinya terdapat hubungan durasi waktu bermain game online dengan praktik personal hygiene siswa SMK Negeri 2 Surakarta. Kesimpulan; Terdapat hubungan durasi waktu bermain game online dengan praktik personal hygiene pada siswa SMK Negeri 2 Surakarta.
Kata Kunci: durasi waktu bermain, game online, praktik personal hygiene.

Item Type: Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: SAFITRI ANJAYANI
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:38
Last Modified: 08 Mar 2023 02:38
URI: http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item