Fitriani, Nur Ellisa and Imamah, Ida Nur (2023) PENERAPAN EXPRESSIVE WRITING PADA MAHASISWA YANG MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DENGAN TINGKAT STRES DI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH SURAKARTA. Working Paper. Universitas 'Aisyiyah Surakarta.
Text
COVER_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Download (958kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Download (171kB) |
|
Text
INTISARI (INDONESIA)_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Download (200kB) |
|
Text
INTISARI (INGGRIS)_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB 1_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Download (138kB) |
|
Text
BAB 2_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
BAB 3_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
BAB 4_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
BAB 5_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_202012052_NUR ELLISA FITRIANI New-1-2 - ellisa fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text
LAMPIRAN_202012052_NUR ELLISA FITRIANI - ellisa fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Hasil Luaran_202012052_Nur Ellisa Fitriani - ellisa fitriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) |
Abstract
PENERAPAN EXPRESSIVE WRITING PADA MAHASISWA
YANG MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DENGAN
TINGKAT STRES DI UNIVERSITAS
‘AISYIYAH SURAKARTA
ABSTRAK
Nur Ellisa Fitriani, Ida Nur Imamah
Program Studi DIII Keperawatan, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
*Email : ellisafitriani22@gmail.com
Latar Belakang : Mahasiswa tingkat akhir memiliki tanggung jawab
menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat kelulusan dan memperoleh gelar.
Tingkat masalah kesehatan mental pada mahasiswa tingkat akhir lebih tinggi
dengan gejala stres dibandingkan dengan mahasiswa baru. Jawa Tengah peringkat
ke-3 dengan gangguan mental emosional usia 15 tahun keatas sebanyak 95.461
Expressive writing berfokus pada emosi, membantu meluapkan emosi dan
perasaan marah setiap mahasiswa melalui tulisan. Tujuan : Menggambarkan
tingkat stres mahasiswa dengan penerapan expressive writing dalam menurunkan
stres mahasiswa yang sedang menyelesaikan KTI di Universitas ‘Aisyiyah
Surakarta. Metode : Menggunakan studi kasus. Pretest menggunakan kuesioner
DASS-42 (Depression Anxiety Stress Scale) untuk menentukan tingkat stres pada
responden. Setelah penerapan dilakukan postest dengan DASS-42 (Depression
Anxiety Stress Scale). Hasil : Hasil menunjukkan tingkat stres sebelum penerapan
stres sedang, setelah penerapan menurun menjadi stres ringan. Kesimpulan :
Penerapan expressive writing memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan
tingkat stres yang dialami mahasiswa tingkat akhir di Universitas ‘Aisyiyah
Surakarta.
Kata Kunci : Mahasiswa, Stres, Expressive Writing
Item Type: | Monograph/Laporan KTI (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi Ilmu D III Keperawatan |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:20 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/2423 |
Actions (login required)
View Item |