Palupy, Niken and Imamah, Ida Nur (2023) GAMBARAN TINGKAT STRESS PADA SISWA DALAM MENGIKUTI FULL DAY SCHOOL DI SMA BATIK 2 SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, Universitas 'Aisyiyah Surakarta.
Text
COVER_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Download (594kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Download (199kB) |
|
Text
INTISARI(INDONESIA)_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy (1).pdf Download (294kB) |
|
Text
INTISARI(INGGRIS)_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy (1).pdf Download (292kB) |
|
Text
BAB I_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Download (350kB) |
|
Text
BAB II_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
BAB III_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
Text
BAB IV_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
BAB V _C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
Text
LAMPIRAN_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
HASIL LUARAN_C2019079_NIKEN PALUPY - niken palupy.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
Abstract
GAMBARAN TINGKAT STRESS PADA SISWA DALAM MENGIKUTI
FULL DAY SCHOOL DI SMA BATIK 2 SURAKARTA
Niken Palupy
nikenpalupy22@gmail.com
Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
ABSTRAK
Latar Belakang : Sistem full day di Indonesia sebenarnya sudah berjalan sebelum
adanya kebijakan dari Kemendikbud, yaitu pada sekolah swasta, sekolah
internasional serta sekolah yang berbasis keagamaan seperti pesantren. Sistem full
day memungkinkan anak kehilangan sebagian waktu bermainnya dikarenakan
panjangnya waktu belajar di sekolah. Anak dengan sistem full day school tingkat
stressnya lebih tinggi daripada anak dengan sistem half day school. Hal ini
dikarenakan waktu belajar anak disekolah sampai pukul 15.30. Waktu belajar yang
lama mengkibatkan waktu bermain anak berkurang sehingga anak mudah bosan.
Waktu bermain pada anak yang memadai akan berdampak baik pada anak, mereka
akan cenderung tidak merasakan beban dalam dirinya Tujuan : Mengetahui
gambaran tingkat stress pada siswa dalam mengikuti full day school SMA Batik 2
Surakarta Metode : Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Pengambilan sampel sebanyak 96 responden. Instrument penelitian
menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS). Analisa data menggunakan
uji Univariat. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan Mayoritas kategori siswa
berdasarkan jenis kelamin adalah perempuan sebanyak 47 (52,2%) dan gambaran
tingkat stress pada siswa dalam mengikuti full day school mayoritas responden
dengan tingkat stress berat sejumlah 52 orang atau sebesar 57,8% dan responden
minoritas adalah tingkat stress ringan dengan jumlah 7 orang atau sebesar 7,8%.
Kesimpulan: Gambaran tingkat stress pada siswa dalam mengikuti full day school
di SMA Batik 2 Surakarta tergolong tinggi dengan hasil mayoritas 52 orang
(57,8%) dengan kategori stress berat.
Kata Kunci: akademik, full day school, SMA, stress
Item Type: | Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 06:05 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 06:05 |
URI: | http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/2535 |
Actions (login required)
View Item |