PENERAPAN TERAPI STORY TELLING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN HOSPITALISASI ANAK PRASEKOLAH DI BANGSAL ANGGREK RSUD dr. SOEHADI PRIJONEGORO SRAGEN

Jupyantari, Puspita and Noorratri, Erika Dewi (2023) PENERAPAN TERAPI STORY TELLING TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN HOSPITALISASI ANAK PRASEKOLAH DI BANGSAL ANGGREK RSUD dr. SOEHADI PRIJONEGORO SRAGEN. Diploma / Sarjana thesis, Universitas 'Aisyiyah Surakarta.

[thumbnail of COVER_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf]
Preview
Text
COVER_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK (INDONESIA)_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy (1).pdf]
Preview
Text
ABSTRAK (INDONESIA)_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy (1).pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK (INGGRIS)_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy (1).pdf]
Preview
Text
ABSTRAK (INGGRIS)_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy (1).pdf

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of BAB I_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf]
Preview
Text
BAB I_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB II_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf] Text
BAB II_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB III_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf] Text
BAB III_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[thumbnail of BAB IV_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf] Text
BAB IV_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[thumbnail of BAB V _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf] Text
BAB V _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of LAMPIRAN _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf] Text
LAMPIRAN _202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[thumbnail of LUARAN_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf] Text
LUARAN_202214107_PUSPITA JUPYANTARI - Puspita Jupy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

PENERAPAN TERAPI STORY TELLING TERHADAP PENURUNAN
TINGKAT KECEMASAN HOSPITALISASI ANAK PRASEKOLAH DI
BANGSAL ANGGREK RSUD dr. SOEHADI PRIJONEGORO SRAGEN
Puspita Jupyantari1, Erika Dewi Norratri2, Neny Utami3
puspitajupy@gmail.com
Universitas ‘Aisyiyah Surakata
ABSTRAK
Latar Belakang : Kecemasan merupakan sebuah dampak dari hospitalisasi yang
dapat dialami oleh anak prasekolah karena menghadapi stressor yang ada disekitar
lingkungan rumah sakit. Hospitalisasi merupakan proses bagi anak yang berada
di rumah sakit yang menjalani pengobatan dan perawatan sampai keadaan anak
dapat pulih kembali. Kecemasan pada anak yang menjalani hospitalisasi bila
penanganannya lambat dapat mempengaruhi lamanya hari rawat dan memperberat
kecemasan dan berdampak buruk pada kesehatan anak. . Salah satu upaya yang
dapat dilakukan perawat dalam mengurangi kecemasan pada anak prasekolah yang
dirawat adalah dengan terapi bermain. Story telling adalah salah satu teknik terapi
bermain yang sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasi kecemasan anak
usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi Tujuan : Penelitian ini bertujuan
untuk menurunkan tingkat kecemasan hospitalisasi pada anak prasekolah dengan
memberikan terapi story telling. Metode : Penerapan dengan menggunakan
rancangan studi kasus. Desain penerapan studi kasus ini menggunakan metode
deskriptif tidak terbatas sampai pada pengumpulan dan penyusunan data. Hasil :
Terdapat penurunan tingkat kecemasan setelah dilakukan terapi story telling.
Kesimpulan : terdapat perbedaan yang signifikan terhadap skala Preschool
Anxiety Scale pada pasien dengan kecemasan hospitalisasi antara sebelum dan
sesudah diberikan terapi story telling setiap 20 menit selama 3 hari menggunakan
dongeng perlombaan lari.
Kata Kunci : Anak Prasekolah, Kecemasan, Story Telling.

Item Type: Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi Ners
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:56
Last Modified: 25 Jan 2024 03:56
URI: http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item