Mujahidah, Afifah and Mirawati, Dita (2024) PEMBERIAN BRAIN GYM DAN ICE BREAKING UNTUKMENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma / Sarjana thesis, Universitas Aisyiyah Surakarta.
![]() |
Text
COVER_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
DAFTARISI_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
INTISARI(INDONESIA)_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Download (548kB) |
![]() |
Text
INTISARI(INGGRIS)_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB1_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
BAB2_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB3_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB4_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
![]() |
Text
BAB5_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
![]() |
Text
DAFTARPUSTAKA_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HASILLUARAN_202015002_AFIFAH MUJAHIDAH - Afifah Mujahidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
Abstract
PEMBERIAN BRAIN GYM DAN ICE BREAKING
UNTUKMENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA
SEKOLAH DASAR
Afifah Mujahidah, Dita Mirawati
afifahqiu5@gmail.com
Universitas ‘Aisyiyah Surakarta
INTISARI
Latar Belakang: Konsentrasi belajar merupakan kemampuan memusatkan
perhatian pada pembelajaran. Konsentasi berkaitan erat dengan kemampuan kerja
brain. Kinerja brain secara maksimal mampu meningkatkan konsentrasi. Brain Gym
atau senam otak merupakan salah satu metode untuk melatih konsentrasi belajar
pada siswa. Brain Gym atau senam otak itu sendiri merupakan gerakan yang
dilakukan dengan cara menstimulasi gelombang otak melalui gerakan-gerakan
ringan dengan melibatkan gerakan tangan dan kaki. Pembelajaran yang diselingi
ice breaking ini memberikan semangat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
Ice breaking adalah suatu permainan atau kegiatan yang berfungsi untuk mengubah
suasana kebekuan dalam kelompok. Ada beberapa jenis ice breaking dalam proses
pembelajaran yaitu berteriak, bertepuk tangan, lagu, latihan, humor, permainan,
cerita, sulap dan audiovisual. Tujuan: meningkatkan pengetahuan terutama bagi
fisioterapis dan siswa tentang penerapan brain gym dan ice breaking untuk
meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Metode: media KIE yang dipilih yaitu
vidio. Vidio dipilih sebagi media KIE karena memiliki beberapa keunggulan. Hasil:
media vidio yang berjudul “Pemberian Brain Gym dan Ice Breaking untuk
Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Kesimpulan: vidio
yang berjudul “Pemberian Brain Gym dan Ice Breaking untuk meningkatkan
Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar” dipilih sebagi media promosi kesehatan
dengan sasaran fisioterapis, mahasiswa fisioterapi, dan siswa madrasah.
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Brain Gym, Ice Breaking
viii
Item Type: | Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi D IV Fisioterapi |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 01:12 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 01:12 |
URI: | http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/3085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |