Utami, Primanda Budi and Muhlizardy, Muhlizardy (2024) ANALISIS TINGKAT KEPAHAMAN SISTEM RUJUKAN BERJENJANG TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Ir. SOEKARNO KABUPATEN SUKOHARJO. Diploma / Sarjana thesis, Universitas 'Aisyiyah Surakarrta.
![]() |
Text
COVER_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
DAFTARISI_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
INTISARI(INDONESIA)_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
INTISARI(INGGRIS)_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB1_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB2_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB3_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB4_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB5_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
![]() |
Text
DAFTARPUSTAKA_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HASILLUARAN_202018009_PRIMANDA - Primanda Budi Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) |
Abstract
Latar Belakang; Di Indonesia, sistem rujukan diatur dalam bentuk berjenjang,
yang berfungsi sebagai bagian dari sistem dan berhubungan satu sama lain.
Kepuasan merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam mengukur
pelayanan kesehatan di rumah sakit. Masalah yang sering terjadi pada sistem
rujukan berjenjang yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah adanya
ketidakpahaman pasien tentang sistem rujukan berjenjang. Tujuan; Menganalisis
tingkat kepahaman sistem rujukan berjenjang terhadap kepuasan pasien BPJS di
RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo. Metode; Jenis penelitian ini kuantitatif
dengan rancangan penelitian deskriptif. Hasil; Tingkat kepahaman sistem rujukan
berjenjang dengan kepuasan pasien BPJS diperoleh bahwa 4 responden memiliki
tingkat kepahaman rendah merasa kurang dan cukup puas. Sebanyak 41
responden memiliki tingkat kepahaman sedang meskipun masih terdapat
responden yang merasa kurang puas dan puas, namun sebagian besar responden
yang memiliki tingkat kepahaman sedang merasa cukup puas. Sebanyak 10
responden memiliki tingkat kepahaman yang tinggi merasa cukup dan puas.
Kesimpulan; Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepahaman
sistem rujukan berjenjang terhadap kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum
Daerah Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo.
Kata Kunci : BPJS, Kepahaman, Kepuasan, Sistem Rujukan Berjenjang
Item Type: | Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 01:09 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 01:09 |
URI: | http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/3506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |