GAMBARAN TERAPI SENSORI MOTORIK HALUS ANAK AUTIS TERHADAP SISWA KELAS IV DI SLB ABCD YSD POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019

Anwaristi Putra, Titis Janur and Wahyuni, Wahyuni and Putra, Yudha Wahyu (2019) GAMBARAN TERAPI SENSORI MOTORIK HALUS ANAK AUTIS TERHADAP SISWA KELAS IV DI SLB ABCD YSD POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma / Sarjana thesis, STIKES 'Aisyiyah Surakarta.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (779kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT inggris.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK indonesia.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)

Abstract

LatarBelakang;Terdapat56 anak penyandang autisme diKabupaten
Sukoharjopadatahunajaran2017/2018,SLB ABCD YSD Polokartopada
tahunajarantersebutmemiliki34siswaautis.SelamainidiSLBABCDYSD
terapisensorimotorik halus belum pernah dilakukan.Pembelajaran di
sekolah lebih menitik beratkan pada pembenahan sensorikasar dan
perbaikanperilakuanak.TerapisensoriintegrasihalusdiSLBABCDYSDjuga
perludilakukanmengingatseoranganakdidikjugamemerlukankebutuhan
akan penggunaan sensorihalus dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan ;
Mengetahuigambaran terapisensorimotorikhalusterhadap anakautis
siswakelasIVdiSLBABCDYSDPolokarto,KabupatenSukoharjo.Metode
Penelitian;Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdengan
pendekatandiskriptif.Sampeldalam penelitianiniadalahkeseluruhansubyek
penelitian,yaitu34anakautiskelasIVdiSLBABCDYSDPolokarto,diberikan
perlakuanselama3kalisemingguselamasatubulan.Hasil;Hasilpenelitian
menunjukanbahwaterdapatperbaikanyangbaikuntukmenulispada20anak,
untukmenggambarterdapatperbaikanpada26anakdanuntukberhitung
terdapatperbaikanpada14anakautisdari34siswa.Kesimpulan;Terapi
sensorimotorikhalusyangdiberikandenganpembuatangarishalusdan
penggunaan krikil membantu memperbaiki kemampuan menulis,
menggambar,danberhitunganakautis

Item Type: Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi D IV Fisioterapi
Depositing User: Admin Admin Admin
Date Deposited: 08 May 2019 03:36
Last Modified: 08 May 2019 03:36
URI: http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item