Arista, Avi and Adriyani, Annisa and Hartutik, Sri (2019) PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH USIA 3-5 TAHUN DI PAUD FULLDAY DAN REGULER DI WILAYAH SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, STIKES ' AISYIYAH SURAKARTA.
Preview |
Text
cover avi.pdf Download (376kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK indonesia avi .pdf Download (9kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT inggris avi .pdf Download (144kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (189kB) | Preview |
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN .pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Masa usia dini adalah masa keemasan , artinya masa tersebut merupakan masa terbaik dalam proses belajar yang hanya sekali dan tidak pernah terulang kembali. Hal yang terpenting dalam perkembangan anak ialah perkembangan sikap sosialnya. Likungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan personal sosialnya. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap personal sosial anak. Anak yang mendapatkan stimulasi yang terarah dan teratur akan berkembang dengan baik, salah satunya pada pendidikan prasekolah seperti pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi PAUD fullday dan PAUD regular. Metode: Merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang membandingkan anak yang sekolah di PAUD full day dan PAUD regular. Sampel terdiri dari 68 anak yang sekolah di PAUD full day dan 97 anak yang sekolah di PAUD regular di Surakarta. Teknik pengambilan sempel secara simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil: Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Mann Whitney didapatkan nilai p<0,005 (p<0,05) untuk perkembangan personal sosial. Kesimpulan: Perkembangan personal sosial anak yang sekolah di PAUF fullday lebih baik dari pada anak yang sekolah di PAUD regular.
Kata Kunci: Personal Sosial , PAUD fullday , PAUD reguler.
Item Type: | Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi S1 Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | AVI ARISTA |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 01:31 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 02:40 |
URI: | http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/656 |
Actions (login required)
View Item |