PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH USIA 3-5 TAHUN DI PAUD FULLDAY DAN REGULER DI WILAYAH SURAKARTA

Arista, Avi and Adriyani, Annisa and Hartutik, Sri (2019) PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH USIA 3-5 TAHUN DI PAUD FULLDAY DAN REGULER DI WILAYAH SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, STIKES ' AISYIYAH SURAKARTA.

[thumbnail of cover avi.pdf]
Preview
Text
cover avi.pdf

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK indonesia avi .pdf]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia avi .pdf

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT inggris avi .pdf]
Preview
Text
ABSTRACT inggris avi .pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of BAB V PENUTUP.pdf] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN .pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN .pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Masa usia dini adalah masa keemasan , artinya masa tersebut merupakan masa terbaik dalam proses belajar yang hanya sekali dan tidak pernah terulang kembali. Hal yang terpenting dalam perkembangan anak ialah perkembangan sikap sosialnya. Likungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan personal sosialnya. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap personal sosial anak. Anak yang mendapatkan stimulasi yang terarah dan teratur akan berkembang dengan baik, salah satunya pada pendidikan prasekolah seperti pendidikan anak usia dini (PAUD). PAUD dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi PAUD fullday dan PAUD regular. Metode: Merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang membandingkan anak yang sekolah di PAUD full day dan PAUD regular. Sampel terdiri dari 68 anak yang sekolah di PAUD full day dan 97 anak yang sekolah di PAUD regular di Surakarta. Teknik pengambilan sempel secara simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil: Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Mann Whitney didapatkan nilai p<0,005 (p<0,05) untuk perkembangan personal sosial. Kesimpulan: Perkembangan personal sosial anak yang sekolah di PAUF fullday lebih baik dari pada anak yang sekolah di PAUD regular.
Kata Kunci: Personal Sosial , PAUD fullday , PAUD reguler.

Item Type: Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: AVI ARISTA
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:31
Last Modified: 08 Mar 2023 02:40
URI: http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item