PERBEDAAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRA SEKOLAH UMUR 3-5 TAHUN PADA PAUD FULLDAY DAN PAUD REGULER DI BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Jundi Faisol Arif Rahman, Wildan and Andriyani, Annisa and Gati, Norman Wijaya (2019) PERBEDAAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRA SEKOLAH UMUR 3-5 TAHUN PADA PAUD FULLDAY DAN PAUD REGULER DI BANJARSARI KOTA SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK INDONESIA.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT INGGRIS.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang berbentuk
simbol untuk mengungkapkan perasaan dan menyampaikan pemikiran kepada
orang lain. Gangguan perkembangan bahasa merupakan perkembangan yang
sering ditemukan angka kejadiannya berkisar antara 1% sampai 32% pada
populasi normal. Prevalensi keterlambatan bicara di Indonesia pada anak
prasekolah adalah antara 5% sampai 10%. Tujuan: Mengetahui apakah ada
perbedaan perkembangan bahasa anak pra sekolah antara PAUD fullday dan
PAUD reguler di Banjarsari Kota surakarta. Metode: Merupakan penelitian
observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang membandingkan
anak yang sekolah di PAUD fullday dan PAUD regular. Sampel terdiri dari 50
anak yang sekolah di PAUD fullday dan 46 anak yang sekolah di PAUD regular
di Surakarta. Teknik pengambilan sempel secara simple random sampling.
Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil: Setelah dilakukan
analisis data menggunakan uji Mann Whitney didapatkan nilai p<0,023
(p<0,05) untuk perkembangan bahasa. Kesimpulan: Ada perbedaan
perkembangan bahasa anak yang sekolah pada PAUD fullday dengan anak yang
sekolah di PAUD regular.
Kata Kunci: Bahasa , PAUD fullday , PAUD reguler.

Item Type: Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: WILDAN JUNDI F.A.R
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:36
Last Modified: 08 Mar 2023 02:52
URI: http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item