GAMBARAN TINGKAT STRES PADA SISWA DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI KOTA SURAKARTA

Maranthika Argalina, Bunga and Purwaningsih, Wahyu and Suratih, Kanthi (2019) GAMBARAN TINGKAT STRES PADA SISWA DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI KOTA SURAKARTA. Diploma / Sarjana thesis, STIKES AISYIYAH SURAKARTA.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 2. ABSTRAK Indonesia.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK Inggris.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK Inggris.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB I.pdf]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[thumbnail of 7. BAB III.pdf] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[thumbnail of 8. BAB IV.pdf] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[thumbnail of 9. BAB V.pdf] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Indonesia memiliki sistem pendidikan yang baru yaitu sistem pendidikan
Full Day School. Full day school adalah proses pembelajaran sehari penuh dari jam 07.00
sampai jam 16.00. Full day school bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi
kepribadian siswa dan peserta didik mendapat pendidikan karakter sebesar 80% dan
pengetahuan umumnya 20%. Program full day school ini, siswa mendapatkan keuntungan
secara akademik, dimana dengan lamanya waktu belajar siswa menambah pengalaman dan
kentungan secara sosial. Sedangkan kekurangannya adalah siswa merasa capek belajar
seharian penuh selama di sekolah sehingga siswa cenderung bosan. Hal ini menyebabkan
dalam proses pembelajaran di sekolah siswa tidak jarang juga mengalami stres karena
ketidakmampuannya beradaptasi dengan program di sekolah. Tujuan: Mengetahui gambaran
tingkat stres pada siswa dalam penerapan full day school di SMA Negeri Kota Surakrta.
Metode: Penelitian deskriptif, tehnik pengambilan data dengan stratified random sampling,
sampel 348 responden , instrument penelitian kuesioner. Hasil : Hasil analisis univariat
diketahui bahwa dari 348 siswa SMA Negeri Kota Surakarta gambaran tingkat stresnya
15,5% dalam kategori ringan, 78,4% dalam kategori sedang, dan 6% dalam kategori berat.
Gambaran jenis kelaminnya 74,4% perempuan dan 25,6% laki-laki. Kesimpulan: Sebagian
besar siswa SMA yang menjalani program Full Day School mengalami tingkat stres sedang
dan mayoritas berjenis kelamin perempuan.
Kata Kunci :Jenis Kelamin, Tingkat Stres, Full Day School.

Item Type: Skripsi, Tesis dan Disertasi (Diploma / Sarjana)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: FAKULTAS ILMU KESEHATAN ( FACULTY OF HEALTH SCIENCES) > Program Studi S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: BUNGA MARANTHIKA ANGELINA
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:30
Last Modified: 08 Mar 2023 02:55
URI: http://eprints.aiska-university.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item